05.23
0

Diantara kota Bukittinggi dan Padang Panjang terdapat sebuah nagari bernama Koto Baru. Nagari ini terletak di wilayah pegunungan dan sehari-sehari mendung dan dingin, walaupun kadang-kadang matahari bersinar terik. Sepintas tidak ada yang istimewa di nagari ini. Tetapi ada satu hal yang sering dicari para wisatawan jika melewati nagari ini, yaitu kue bika.
Apakah itu kue bika? Ini adalah kue khas masyarakat di nagari ini, yang dibuat dari campuran tepung, kelapa, dan gula, dan dimasak dengan cara tradisional. Tungku yang dipergunakan untuk memasaknya juga unik, karena ada api di bawah dan di atas wadah kue yang sedang dimasak. Ukuran kue ini kira-kira sebesar telapak tangan, tetapi ada juga yang lebih kecil.
Sebenarnya di Padang, Lubuk Alung, serta Sicincin juga ada kue sejenis, tetapi ukurannya lebih kecil. Di sini, kue bika disebut kue singgang. Rasanya sama saja, hanya ukurannya yang berbeda.
Tetapi jika kita ingin mengetahui proses pembuatan kue bika ini, maka saya sarankan untuk membelinya di Koto Baru, karena para pembeli bisa melihatnya secara langsung keunikan proses memasak kue ini.
sumber : https://ririsatria40.wordpress.com/2010/09/20/bika/

0 komentar:

Posting Komentar